FORKAMI GELAR TRAINING CERDAS AKAL, SUCI HATI


[Reportase] 
FORKAMI GELAR TRAINING CERDAS AKAL SUCI HATI

Berbagai cerita dan keluh kesah para pendidik generasi (guru) menggerakkan ForKaMI (Forum Kajian Muslimah Inspiratif) untuk menyeleggarakan training motivasi bertema “Cerdas Akal Suci Hati”. Sederet tugas dan beban mengajar serta ujian mewarnai kehidupan para guru yang membuat tak sedikit guru yang kesulitan membagi waktu dan menjalankan berbagai kewajibannya, termasuk kewajiban dalam hal agama. Inilah yang dikupas dalam forum kajian pada Ahad, 26 Februari 2018 ini.

Sri Endah Lestari, S.Pd. selaku trainer memaparkan bahwa kita perlu merenungkan lagi apa sebenarnya tujuan hidup kita. “Dalam surat adz-dzariyat ayat 56 disampaikan oleh Allah bahwa “Tidak Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyembah kepada-Ku. Maka kita harus menjalankan segala aktivitas dalam rangka beribadah kepadaNya,” paparnya. Tapi tidak semua kaum muslim mudah merealisasikan hal tersebut karena tak sedikit yang teralihkan dengan kesibukan duniawi. Di sinilah kita harus menjadi orang yang cerdas. “Disampaikan dalam hadis Ibnu Majah, Rasul bersabda “Yang paling banyak mengingat mati, kemudian yang paling baik dalam mempersiapkan kematian tersebut, itulah orang yang paling cerdas.”

Lalu, bagaimana jika kita mendapat banyak ujian? Seringkali ujian yang menghampiri membuat kita sering berkeluh kesah, emosi, bahkan memunculkan penyakit-penyakit hati, yang membuat kiya jauh dari Allah. Ustadzah Endah menyampaikan bahwa kita harus menyucikan hati. “Orang yang beriman mengharuskan dirinya untuk selalu cerdas dan hatinya selalu suci hati sehingga akan menemui ketenangan dalam hatinya, pandai memaafkan orang lain dan selalu bersemangat melakukan apa saja karena hakikatnya kita sedang beribadah kepada Allah,” paparnya. Dan untuk bisa mewujudkan kal yang cerdas dan hati yang suci kita butuh untuk istiqomah mengkaji Islam, berkumpul dengan sahabat shalihah, dan berdakwah.

Training yang menyedot antusiame para guru ini diakhiri dengan foto bersama.[]

@infomuslimahjember || #infomuslimahjember

0 Comments

Posting Komentar