Remaja Pilihan Zaman Milenial


[DUNIA REMAJA] 
Remaja Pilihan Zaman Milenial 


Oleh : Nawfa Andini (Karawang)

Remaja adalah generasi penerus bangsa. Tonggak estafet membangun peradaban mulia. Namun apa jadinya saat melihat remaja zaman now yang tergerus pada lifestyle ala Barat. Remaja bebas bin bablas. Krisis identitas. Tapi, di lain sisi kita tengok remaja-remaja militan yang mulai terlihat geliat kebangkitannya. Ya mereka itulah remaja ideologis, generasi unggul pada zaman now.

Apa itu remaja ideologis ? Adalah remaja yang menjadikan Islam sebagai standar kehidupannya. Remaja ideologis adalah generasi anti mainstream. Kenapa? Karena di tengah remaja zaman now yang sedang dimabuk dengan aktivitas hura-hura, pacaran, nge-drugs, pergaulan bebas, dsb. Aktivitas remaja ideologis justru sebaliknya. Dia sibuk mendekatkan diri pada RabbNya. Mengkaji Islam kaffah adalah rutinitasnya. Tahajud Dhuha menjadi aktivitas kesehariannya. Literasi tsaqofah Islam adalah hobinya. Menundukan pandangan menjadi cara bergaul dengan sesama. Menghindari khalwat (berdua-duaan) dan ikhtilat (campur baur). Menjadikan dakwah sebagai poros hidupnya. Orientasinya ingin mengembalikan kehidupan Islam. Kesenangannya adalah saat seluruh aktivitasnya terikat dengan hukum syara'. Itulah remaja ideologis. Yang kelak akan membumi di zaman mendatang.

Remaja adalah aset bangsa. Aset harusnya dijaga, dipelihara, diurusi. Tapi jika sistem yang diterapkan saat ini adalah sistem sekulerisme (memisahkan agama dari kehidupan) rasanya tak akan tercipta bibit terbaik generasi penerus. Yang ada justru lahir remaja-remaja yang buruk akhlak. Angka free sex semakin meluap. Pelaku tindak kriminal justru banyak dikalangan remaja. Gurita narkoba korban terbanyak adalah remaja. Jelas sudah kerusakannya. Ini semua bisa terjadi akibat sistem liberalisme. Remaja bebas tak mau diatur, maunya semau gue. 

Sejenak kita lupakan dulu soal generasi zaman now yang rusak. Kita alihkan perhatian pada generasi unggul ditengah zaman milenial, yakni remaja ideologis. Remaja dengan idealisme Islam zaman now sudah mulai terlihat geliat kebangkitannya. Spirit hijrah yang digaungkan membuat para remaja berbondong-bondong untuk belajar lebih mendalam tentang Islam. Perlahan tapi pasti, remaja ideologis zaman now mulai mengikis tren gaya hidup Barat dan beralih pada Islam. Mengingat dirinya sebagai hamba Allah dan memilih Islam sebagai jalan hidupnya.

Ayo remaja harus bangkit! Dipundak kalianlah peradaban kejayaan Islam menanti. Jadilah remaja agent of change! Ditangan kalianlah kegemilangan Islam akan bangkit. Dengan idealisme kalianlah Islam akan membumi kembali. Karena kamu adalah tonggak estafet pembuka peradaban mulia yang hakiki. Allahu Akbar !!! (ar)


@infomuslimahjember || #infomuslimahjember ||#jember

0 Comments

Posting Komentar