SINERGIS KELUARGA, SEKOLAH, DAN NEGARA WUJUDKAN GENERASI CEMERLANG


SINERGIS KELUARGA, SEKOLAH, DAN NEGARA WUJUDKAN GENERASI CEMERLANG

Rasa miris dan prihatin atas berbagai problem yang menimpa generasi tentulah dirasakan oleh banyak pihak, terutama guru. Inilah yang menggerakkan KGMI (Kajian Guru Muslimah Inspiratif) untuk menyelenggarakan talkshow pendidikan bertajuk Sinergis Keluarga, Sekolah, dan Negara Wujudkan Generasi Cemerlang. Agenda yang dilaksanakan pada 10 Mei 2018 ini dihadiri puluhan guru dari Jember, Bondowoso, dan Situbondo.
Bu Rahmawati Ayu Kartika, S.Pd. selaku pemateri pertama memaparkan bahwa banyaknya kasus yang menimpa generasi mulai dari seks bebas, tawuran, bulyying, hingga penganiayaan kepada guru adalah karena sekulerisme yang menjadi asas pendidikan saat ini. Sehingga pendidikan karakter yang saat ini digencarkan hanya sebatas slogan dan fokus penilaian hanya bersifat kognitif.


Sedangkan bu Sri Endah Lestari, S.Pd. selaku pemateri kedua menyampaikan bahwa untuk mewujudkan generasi cemerlang dibutuhkan sinergis antara keluarga, sekolah, dan negara. Keluarga sebagai benteng pertahanan pertama memberikan porsi bagi ibu untuk menjadi pendidik pada usia dini. Sedangkan ayah menjadi penanggung jawab program agar berjalan sebagaimana mestinya, serta memfasilitasi proses pembelajaran agar berjalan ideal.
Adapun guru yang juga sebagai pendidik siswa di sekolah haruslah menjadi guru yang profesional, mumpuni dalam ilmu dunia maupun agama. Sedangkan negara dalam hal ini menetapkan kurikulum berbasis aqidah Islam yang bertujuan mencetak generasi yang berkepribadian Islam, faqih fiddin, dan pemimpin peradaban.
Negara memberikan fasilitas memadai dan kesejahteraan bagi guru. Sinergitas harmonis yang demikian akan bisa terwujud dalam sistem Islam. Ia pun menyeru para guru untuk bersama menegakkan khilafah.[]

0 Comments

Posting Komentar