BNPT Harus Jelaskan Pernyataan Solidaritas Palestina Picu Terorisme


Jakarta – Wakil Ketua Majelis Hukum dan HAM Muhammadiyah Maneger Nasution menyebut pernyataan Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Pol. Hamli tentang solidaritas terhadap Palestina sebagai salah satu penyebab adanya teroris sebagai bentuk disorientasi dan missleading.

“Itu berarti dia tidak memahami teks dan konteks terorisme yang ada di Indonesia. Itu keliru,” kata Maneger saat ditemui di gedung MUI Pusat, Jakarta pada Selasa (05/06/2018).
Oleh karenanya, Maneger mendesak pihak BNPT untuk menjelaskan pernyataan itu kepada publik. “BNPT harus menjelaskan itu. Karena itu kontraproduktif dan hanya akan menimbulkan masalah baru,” ujar Maneger.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut solidaritas terhadap Palestina sebagai salah satu penyebab adanya teroris.

“Penyebab teroris adalah ideologi, paham yang salah, solidaritas komunal karena melihat saudaranya dizalimi seperti Palestina, Rohingya, Maluku Ambon,” ujar Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Pol. Hamli dalam diskusi Pemberitaan dan Penyiaran Tentang Terorisme di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (30/05/2018).

Menurut Hamli, penyebab lainnya adalah sikap balas dendam keluarga yang menjadi korban. Juga, aksi balas dendam akibat kekejaman yang dialami oleh suatu kelompok, seperti pembantaian yang dialami etnis Rohingya.

“Apakah kita akan menyiarkan besar-besaran konflik di sana? Karena motivasi balas dendam sering muncul,” kata dia.


Reporter: Qoid
Editor: M. Rudy

Sumber : KIBLAT.NET

0 Comments

Posting Komentar