Selasa, 30 Oktober 2018

Nahkoda Bahtera Rumah Tangga



[KAJIAN ISLAM]

Nahkoda Bahtera Rumah Tangga

Oleh: Ust Yuana Ryan Tresna

Berbincang terkait qawamah, dasar hukumnya adalah firman Allah ta'ala:

الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَى بَعْضٍ وَبِمَا أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ 

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka.” (Qs. An Nisa’: 34) 

Untuk memahami lebih dalam tentang ayat ini, mari kita gali dari sisi bahasa aslinya. 

Memahami makna قوامون secara bahasa maka kata قوامة baik dengan fathah pada qaf ataupun kasrah, mempunyai beberapa arti:

1. عماده الذي قوم به وينتظم

Pilar kokoh yang digunakan untuk penopang dan pengatur agar rapi (Al Mishbah al Munir, Ahad bin Muhammad Al Fayumi)

2. والقوام بالكسر ما يقيم الإنسان من القوت والقوام بالفتح العدل والإعتدال

Qiwam dengan kasrah: makanan yang membuat manusia bisa tegak berdiri. Qawam dengan fathah: Adil dan seimbang (Al Mishbah al Munir, Ahad bin Muhammad Al Fayumi)

3. القيم هو السيد وقيم القوم سيدهم الذي يسوس أمورهم. يقال فالان قوام أهل بيته وهو الذي يقوم شأنهم 

Al Qayyim: tuan/pemimpin. Qayyim al-qaum: pemimpin umat mengatur semua urusan mereka. Dikatakan: Fulan qiwam keluarganya, berarti: dialah yang mengurusi urusan mereka. (Mukhtar ash-Shihah, Abu Bakar Ar Razi)

4. قام الأمير على الرعية: وليها

Qama amir terhadap rakyatnya: walinya (yang menolong, membela, mewakili dan mengurusi). (Asas al Balaghah, Az Zamahsyari)

5. وقيام للشيء هو المراعاة للشيء والحفظ له 

Qiyam terhadap sesuatu: memperhatikan dan menjaga sesuatu itu (Mu’jam Mufradat Al Quran, Al Ashfahani)

Dari lima nukilan tersebut, bisa kita bayangkan tugas seorang suami dengan kata qawamah itu. Menjadi lebih dalam rasanya, melihat asal katanya. Hingga ada dua buah buku yang khusus membahas tentang kata ini,

القوامة في ضوء القرآن والسنة

Qawamah dalam perspektif Al Quran dan Sunnah

Dan

لمن القوامة في البيت 

Siapa yang berhak terhadap qawamah di dalam rumah 

Dalam buku yang kedua ini, disampaikan di bagian mukaddimahnya:

"Di kebanyakan rumah hari ini, qawamah ada di tangan wanita! Maka bercampur-aduklah pemahaman, guncanglah timbangan, lenyaplah nilai. Apakah Anda tahu apa yang terjadi jika wanita memegang qawamah terhadap suami dan anak-anaknya? Begitu banyaknya efek, di antaranya keluarga yang akan retak dan terurai antara suami tanpa kepemimpinan dan istri yang bebas berbuat dalam kendali kesia-siaan dan hawa nafsu, serta anak-anak yang hilang di antara ayah dan ibu yang berbeda dan bertikai. Sesungguhnya, penyatuan kepemimpinan adalah keniscayaan bagi keamanan bahtera. Bahtera rumah tangga ini harus memiliki kepemimpinan yang mampu menanggung beban, menjaga aturan agar tidak terurai. Ini menjadi catatan bagi cacatnya nilai di dunia kaum laki-laki."

=====

Silahkan share dengan mencantumkan sumber *Info Muslimah Jember - Inspirasi Wanita Shalihah*

——————————
Follow kami di:





——————————
Grup WhatsApp: 08978632838
——————————

0 komentar:

Posting Komentar