Selasa, 30 Oktober 2018

Syari'at Islam Menjaga Muru'ah (Kehormatan) Perempuan



[KAMPANYE #SaveTheFamily

/ Syari'at Islam Menjaga Muru'ah (Kehormatan) Perempuan /

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman, “Katakanlah kepada wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang biasa nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya dan janganlah mereka menampakkan perhiasan …. Dan janganlah mereka memukulkan kaki-kaki mereka agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. ….” (QS. An-Nur: 31)

Imam Mawardi menjelaskan, “Muru’ah adalah menjaga tingkah laku hingga tetap berada pada keadaan yang paling utama, supaya tidak melahirkan keburukan secara sengaja dan tidak berhak mendapat cacian”. Ar-Rabi’ bin Sulaiman berkata, “Saya mendengar Imam asy-Syafi’i berkata, “Muru’ah itu mempunyai empat pilar, yaitu berakhlak baik, dermawan, rendah hati dan tekun beribadah.” (Sunan al-Baihaqi, no. 21333). 

Muslimah paling utama adalah wanita-wanita yang bisa menjaga diri dan agamanya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh muslimah untuk menjaga muru’ah atau kehormatan diri, di antaranya apa yang Allah maktubkan dalam QS. An-Nur: 31 agar perempuan menahan pandangannya, memelihara kemaluannya, dan mengenakan busana syar’I sesuai tuntunan Islam.

===

Silahkan share dengan mencantumkan sumber *Info Muslimah Jember - Inspirasi Wanita Shalihah*

——————————
Follow kami di:





——————————
Grup WhatsApp: 08978632838
——————————

0 komentar:

Posting Komentar