Rabu, 19 Desember 2018

Ironi Negeri Gemah Ripah Loh Jinawi



Ironi Negeri Gemah Ripah Loh Jinawi

Oleh: Miftah Karimah Syahidah

Berita:

Bupati Faida Akui Tanda Tangani Tuntutan Mundur yang Diajukan PMII
Jember (beritajatim.com) - Bupati Faida mengakui, jika telah menandatangani tunutan mundur dari jabatan kepala daerah Jember, Jawa Timur, yang diajukan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Surat tuntutan mundur tersebut disodorkan PMII saat berunjuk rasa di depan Kantor Bupati Jember tempo hari. Namun Faida menegaskan bahwa penandatanganan surat itu hanya untuk menunjukkan komitmennya menolak tambang emas di Jember.


Komentar : 

1. Penguasaan SDA oleh asing, tentu bukan hal baru di negeri gemah ripah loh jinawi. Bahkan hampir 85% SDA Indonesia kini telah dikuasai oleh asing. Hal ini harus disadari sebagai hasil dari penerapan sistem kapitalis demokrasi di negeri ini yang memberikan ruang atas kebebasan kepemilikan, hingga privatisasi dan liberalisasi SDA terus terjadi.

2. Meskipun penolakan datang dari berbagai pihak, mayoritas masyarakat tidak sepakat, proyek-proyek privatisasi SDA tetap di-landingkan. Karena sejatinya demokrasi bukan lahir dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat, tetapi dari kapitalis (pemilik modal), oleh kapitalis, dan untuk kapitalis. 

3. Padahal Islam telah menetapkan bahwa semua komoditi yang menguasai hajat hidup orang banyak merupakan milik umum yang tidak boleh dikuasai oleh individu, beberapa individu bahkan negara sekalipun. Semuanya akan dikelola oleh negara, sebagai wakil rakyat, dan digunakan untuk kemaslahatan masyarakat.

4. Karenanya mahasiswa muslim, agent of control, penyambung lidah antara rakyat dan penguasa, bersuaralah, bergerak, jangan hanya pada tataran pragmatis. Mengambil solusi praktis tapi tak solutif. Suarakan penerapan Islam Kaffah dalam naungan khilafah, sebagai solusi paripurna negeri ini. Hidup#mahasiswa!

Allahu Akbar!


Silahkan share dengan mencantumkan sumber *Info Muslimah Jember - Inspirasi Wanita Shalihah*

——————————
Follow kami di:





——————————
Grup WhatsApp: 08978632838
——————————

0 komentar:

Posting Komentar