Rabu, 15 Mei 2019

Doa Para Ulama Sebelum Memasuki Bulan Ramadan


[CERMIN HATI] 

/ Doa Para Ulama Sebelum Memasuki Bulan Ramadan /

Mua’lla bin Al-Fadhl berkata, “Dulu, selama enam bulan sebelum datang Ramadan, mereka berdoa agar Allah ta’la mempertemukan mereka dengan bulan Ramadan. Kemudian, selama enam bulan sesudah Ramadan, mereka berdoa agar Allah menerima amal mereka selama bulan Ramadan.” (lihat: Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264)
.
Memohon agar dipertemukan dengan bulan ramadhan sendiri telah dicontohkan oleh Rasulullah ﷺ. Disebutkan bahwa Nabi Muhammad ﷺ, apabila melihat hilal pada Ramadan dan pada bulan selainnya, beliau membaca doa:

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالْإِيمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ
.
“Ya Allah, perjalankanlah bulan ini kepada kami dengan penuh kebajikan dan iman, serta keselamatan dan Islam. Rabb-ku dan Rabb-mu (bulan) adalah Allah.” (HR. Tirmidzi)

===

Untaian doa yang serupa juga banyak dicontohkan oleh salafussalih. Salah satu di antara doa tersebut adalah riwayat yang bersumber dari Yahya bin Abi Katsir. 
.
Dalam kitab Lathaif al-Ma’arif, Ibnu Rajab menyebutkan bahwa sebelum memasuki bulan Ramadan, Yahya bin Katsir senantiasa memohon kepada Allah ta’ala dengan doa berikut ini:

اللّهُمَّ سَلِّمْنِي إِلىَ رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُقَبَّلاً

“Ya Allah, sampaikanlah kami kepada bulan Ramadan, sampaikanlah bulan Ramadan kepada kami, dan terimalah amalan-amalan kami.” (Lihat: Lathaif Al-Ma’arif, Hal: 158)

===

Sementara doa lain yang cukup masyhur juga terdapat dalam musnad Imam Ahmad. Diriwayatkan bahwa Rasulullah ﷺ apabila memasuki bulan Rajab, beliau berdoa:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَب، وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

“Ya Allah, berkahi kami di bulan Rajab dan Sya’ban serta sampaikanlah kami ke bulan Ramadan.” (HR. Ahmad)

https://www.facebook.com/812692572241893/posts/1196410587203421/
—————————————

0 komentar:

Posting Komentar