Jumat, 26 Juli 2019

Gerhana : Tanda Kekuasaan Allah SWT.


[Trending Topic]

Gerhana : Tanda Kekuasaan  Allah SWT.

Gerhana merupakan pertanda keagungan dari kekuasaan Allah yang begitu sempurna.

Selain itu, gerhana juga merupakan bentuk bantahan Allah pada fenomena penyembahan pada matahari dan bulan. Keyakinan yang menempatkan matahari dan bulan sebagai sesembahan dianut oleh bangsa-bangsa besar zaman dulu.

Dalam Surat Al Fushshilat ayat 37, Allah SWT berfirman,

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah kalian sujud (menyembah) matahari maupun bulan, tapi bersujudlah kepada Allah yang menciptakannya, jika memang kalian beribadah hanya kepada-Nya."

Rasulullah Muhammad SAW sendiri menjelaskan gerhana tidaklah terkait dengan kelahiran atau kematian seseorang. Kejadian ini murni sebagai fenomena alam. Penjelasan ini tertuang dalam hadis riwaya Bukhari dan Muslim.

"Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua ayat (tanda) di antara ayat-ayat Allah. Tidaklah terjadi gerhana matahari dan bulan karena kematian seseorang atau karena hidup (lahirnya) seseorang. Apabila kalian melihat (gerhana) matahari dan bulan, maka berdoalah kepada Allah dan sholatlah hingga tersingkap kembali."

Ibadah yang disunnahkan adalah sholat gerhana (khusuf), berdoa dan berdzikir.

Selamat menunaikan sholat gerhana Sahabat Muslimah.. semoga makin keimanan dan ketaatan kita dengan menyaksikan sunnatullah ini.[]

=====
Info Muslimah Jember
Inspirasi Wanita Shalihah

0 komentar:

Posting Komentar