BTS Effect : BTS Meal Meledak Demi Idola



Oleh. Helmiyatul Hidayati, S. Ikom.

(Blogger Profesional dan Content Creator)

 


#InfoMuslimahJember -- Omset McDonalds Indonesia dipastikan meledak beberapa hari belakangan ini. Pasalnya mereka meluncurkan produk baru dengan memakai BTS sebagai brand ambassador mereka. Kolaborasi McD dan BTS meluncurkan produk baru yang diberi nama “BTS Meal”. Paket BTS Meal berisi 1 kentang goreng ukuran medium, 9 potong McNugget nugget ayam khas McDonald's, dan 1 cup minuman cola ukuran medium serta saus Cajun dan sweet chili.

 

Begitu menu ini di launching, antrian pun mengular di gerai-gerai McD. Para ojek online banyak mendapat pesanan harus rela mengantre berjam-jam. Karena besarnya animo terhadap BTS Meal, antrian pun menjadi tak terkendali hingga menimbulkan kerumunan. Protocol kesehatan pun banyak diabaikan, hal ini berakibat pada banyaknya gerai McD yang akhirnya harus tutup sementara dan yang lainnya mendapat peringatan.

 

Sekedar informasi, BTS di sini adalah singkatan dari Bangtan Sonyeondan, merupakan sebuah boygrup dari Korea Selatan yang terdiri dari 7 (tujuh) orang pemuda. Mereka berkarir di dunia entertainment dengan music sebagai spesialisasi mereka. Debut sejak tahun 2013, kini mereka telah berhasil mendapat perhatian dunia internasional, termasuk Indonesia yang merupakan salah satu sarang K-Popers.

 

BTS memiliki fandom (fans club) yang bernama ARMY. Fandom ini termasuk yang terbesar di dunia. Army merupakan akronim dari Adorable Representative for M. C Youth. Dalam bahasa Inggris memang memiliki arti tentara. Sedangkan BTS sendiri berarti para pia yang mengenakan rompi anti-peluru. Rompi anti-peluru sendiri sangat lekat dengan tentara. Artinya, BTS harus selalu ada untuk melindungi ARMY dan ARMY akan selalu aman jika mengenakan rompi anti-peluru (tokopedia.com).

 

Popularitas BTS ini rupanya telah menarik perhatian McD dan keputusan McD ternyata tidak salah. Strategi ini sukses mendobrak merek perusahaan. Para Army menunjukkan loyalitas mereka dalam mendukung setiap “program” yang dimiliki oleh idola mereka. Bahkan di marketplace kini beredar bekas tempat makan BTS Meal yang dijual dengan harga jutaan.

 

Salah satu alasan kenapa BTS Meal menjadi sangat laris adalah karena Army membutuhkannya untuk media social. Tujuannya adalah mencapai trending dan orang lain makin paham dengan BTS.

 

Dari sini kita bisa melihat betapa besar cinta Army kepada idolanya. Banyak hal yang mereka korbankan : harta, kuota, tenaga dan waktu mereka semua tecurahkan.

 

Lalu bagaimana dengan kita yang katanya mencintai Allah dan Rasull-Nya?? Seberapa banyak harta yang kita gunakan untuk berjuang di jalan Allah? Seberapa banyak kuota yang kita habiskan di jalan dakwah dan perjuangan? Seberapa banyak tenaga yang kita curahkan dalam perjalanan menggapai ridho-nya? Dan seberapa banyak waktu yang kita habiskan untuk dakwah?

 

Jika Army BTS rela melakukan banyak hal agar idola mereka lebih banyak dikenal. Bagaimana dengan kita yang katanya menginginkan tegaknya Islam di muka bumi? Seberapa keras kita berjuang mensukseskan program penegakan syariah kaffah demi mega proyek Islam Rahmatan Lil Alamin? Bukankah kita juga merupakan army-Nya??

 

"Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka. Di antara mereka ada yang beriman, namun kebanyakan mereka adalah orang-orang fasik" (qs. Al Imran : 110).

 

Sementara kita tahu ARMY mana yang akan mendapat ridho Allah SWT..

 

 

0 Comments

Posting Komentar