Islam Menyejahterakan Guru



Oleh : Sri Endah Lestari S.Pd

Praktisi pendidikan


#InfoMuslimahJember -- Surat Keputusan (SK) yang diterbitkan oleh Bupati H. Hemdy dinilai tidak sesuai harapan dan mengecewakan ribuan guru honorer di Kabupaten Jember. Pasalnya, surat yang dianggap berharga yang ditunggu-tunggu para guru tersebut tidak bisa dibuat syarat untuk ikut PPG atau sertifikasi. Seperti yang disampaikan oleh Aktivis PGRI Jatim Ilham Wahyudi, menanggapi kekecewaan para honorer Jember.


"Honorer belum digaji. Bahkan, SK yang diterbitkan Bupati Hendy tidak bisa dijadikan syarat mengikuti sertifikasi," ungkap Ilham saat dikonfirmasi via selulernya,  Menurut Ilham, pengajuan sertifikasi PPG oleh pusat, khusus Kabupeten Jember sudah ditolak permanen oleh sistem. Dengan kejadian tersebut, sebagai aktivis pendidikan pihaknya sangat menyayangkan. "Contoh Lumajang dan kabupaten lain, semua tidak ada masalah. Hanya Jember yang bermasalah," tegas Ilham."Kami merasa terkesan 'tertipu' dan 'diprank' oleh Bupati Jember. Kalau tidak ada solusi, kami akan kembali turun ke jalan," tutupnya (suaraindonesia.co.id, kamis,17/02/2022).


Bagaimana sebenarnya Islam mensolusi tentang gaji guru?

Islam adalah agama yang sempurna. Agama yang diturunkan Allah kepada Sayyidina Muhammad SAW dari Allah SWT, Dzat yang menciptakan alam semesta, manusia dan kehidupan, sekaligus Allah lah yang mengatur kehidupan ini berdasarkan wahyu Allah yang tercantum dalam Al Qur’an dan Al Hadits.

Sebagaimana  dalam QS Al Maidah ayat 3 ;

 اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَاَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَرَضِيْتُ لَكُمُ الْاِسْلَامَ دِيْنًاۗ

Artinya : Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu bagi kalian, dan telah Aku cukupkan nikmat Ku bagi kalian, dan Aku ridhai Islam sebagai agama kalian.

Juga dalam QS Al Baqarah ayat 208

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ادْخُلُوْا فِى السِّلْمِ كَاۤفَّةً ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

 Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu.

Islam adalah agama yang sempurna karena mengatur seluruh aspek kehidupan, baik mengatur : 

1. Hubungan manusia dengan Allah SWT yaitu meliputi ( ibada: sholat, puasa, zakat, umrah, hajji ),

2. Hubungan manusia dengan diri sendiri  ( meliputi makanan,minuman,pakaian dan akhlaq), 

3. Hubungan manusia dengan manusia ( meliputi sistem ekonomi , sistem pergaulan, sistem peradilan, sistem pemerintahan, sistem pendidikan).

Jadi Islam itu tidak hanya mengatur bagaimana beribadah ( sholat, puasa, zakat, hajji dan umrah ) tetapi mengatur semua aspek kehidupan. Itulah kehebatan sistem Islam  sebagai idiologi yang berlandaskan kepada Al Qur’an dan As-Sunnah, yang mampu mengatur semua kehidupan sekaligus memberikan solusi dari problem apapun, termasuk masalah gaji guru dan pengangkatan guru.


Islam menyejahterakan guru

Pendidikan Islam yang tangguh harus ditopang oleh sistem Islam ekonomi yang tangguh. Karena system ekonomi yang tangguh sebagai penopang pembiayaan pendidikan yang bermutu tinggi yang tentu butuh biaya yang sangat besar. Dalam Islam, memasukkan baitul maal dalam membiayaan pendidikan ada di 2 pos, yaitu ; pertama, pos fai’ dan kharaj dan yang kedua, pos Kepemilikan umum.( minyak, emas, batu bara, nikel, lautan, mutiara batu permata, hutan, dll )

Dengan pengelolaan kepemilikan umum sesuai dengan ekonomi Islam, maka pembiayaan pendidikan yang besar akan mampu untuk dikelola dengan baik, tanpa hutang dan pajak.

Pada masa Khalifah Umar bin Khattab, gaji pengajar adalah 15 dinar/bulan atau sekitar Rp. 58.130.400,- Di jaman Shalahuddin al Ayyubi gaji guru malah lebih besar lagi. Di dua madrasah yang didirikannya yaitu Madrasah Suyufiah dan Madrasah Shalahiyyah berkisar antara 11 dinar sampai dengan 40 dinar! Artinya gaji guru bila di kurs dengan nilai saat ini adalah Rp42.729.500,- s.d Rp.155.380.000,- ( Catatan : 1 dinar = 4,25 gram. 1 gram murni 24 karat = Rp.914.000, data 8 Okt 2021)

Madrasah Al Mustanshiriah yang didirikan Khalifah Al Mustanshir ( Bani Abbasiyah 1226-1242 ) di kota Baghdad. Pada sekolah ini setiap siswa menerima beasiswa berupa emas seharga satu dinar (4,25 gram emas). Kehidupan keseharian mereka dijamin sepenuhnya oleh negara. Fasilitas sekolah disediakan, seperti perpustakaan beserta isinya, rumah sakit dan pemandian.

Madrasah Al-Nuriyah di Damaskus yang didirikan pada abad ke enam hijriyah oleh Khalifah Sultan Nuruddin Muhammad Zanky(1118-1174). Di sekolah ini terdapat fasilitas lain , seperti asrama siswa, perumahan staf pengajar, tempat peristirahatan, para pelayan serta ruangan besar untuk ceramah dan diskusi.

Inilah ketangguhan sistem Islam yang mampu memuliakan dan menyejahterakan guru. Dan pada faktanya sistem islam  ini sudah terbukti 1300 tahun lamanya, menjadi sistem terbaik sepanjang sejarah peradapan manusia. 

Allahu ‘alam bish – shawab

0 Comments

Posting Komentar