Mendalami Makna Kebahagiaan Hakiki Bersama Komunitas Guru Muslimah Inspiratif



Oleh. Arifatuh Hasanah, S. Pd.


Alhamdulillah Ahad pagi lalu (28 Mei 2023) telah berjalan lancar forum bulanan kajian guru muslimah inspiratif Jember dengan tema *"Meraih kebahagiaan Haqiqi"* ...


Forum ini diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al Qur'an yang dibacakan oleh Ustadzah Yuni, salah satu pengajar di sekolah Tahfizh di jember. Kemudian Ustadzah Alfadiyah selaku host menyampaikan beberapa fakta tentang kondisi Pendidikan hari ini, mulai dari Pengangkatan Guru Honorer Menjadi PPPK, ada pelajar yang berani menghina Nabi Muhammad, Kompetensi Kepala Sekolah Berstandar Industri hingga Cengkraman World Bank terhadap dunia Madrasah lewat Madrasah Reform.


Kemudian masuklah pembahasan tentang *"Meraih Kebahagiaan yang Haqiqi"* yang disampaikan oleh Ustadzh Sri Endah Lestari, S. Pd. atau yang biasa dikenal dengan ustdzh Endah. Beliau mengawali pertanyaan, "Apa makna bahagia bagi panjenengan?". Jangan sampai kita terjebak kebahagiaan yang semu, seperti: mencari harta semata, kedudukan semata, ketenaran semata, kecantikan/kegantengan semata, gelar semata, dan semata semata lainnya. Semua kebahagiaan yang semu itu berujung sengsara jika tidak dilandasi oleh ridho Allah.


Padahal Harga dunia itu ibarat satu tetes seperti saat kita mencelupkan jari kita ke dalam lautan. Tetesan airnya adalah harga dunia sementara lautannya adalah harga akhirat (menurut hadits yang diriwayatkan Imam Muslim). Tentu amat sangat merugi jika kita mengejar dunia semata dan tak mengabaikan urusan akhirat.


Kemudian beliau menyampaikan bahwa kebahagiaan Haqiqi itu ketika kita sukses dunia akhirat. Sementara jalan untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat tidak lain adalah dengan mentaati perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya serta mengikuti tuntunan Rasulullah SAW.


Kemudian Ustadzah Endah menyampaikan amal amal apa saja yang  menjadi sebab kebahagiaan di dunia & di akhirat, yaitu: 1. Kekuatan Iman (Tauhid), 2. Berdoa dan merendahkan diri hanya kepada Allah Ta'ala., 3. Menjaga sholat fardhu 5 waktu., 4. Memperbanyak amalan amalan Sunnah setelah yang wajib., 5. Berkumpul & bergaul dengan orang shaleh dalam majelis ilmu., 6. Instrospeksi diri., Dll.


Terakhir beliau menyampaikan gambaran penghuni surga. Dan Sebagai penutup beliau mengajak para guru untuk bersemangat dalam meraih kebahagiaan yang Haqiqi salah satunya melalui Istiqomah menghadiri majelis majelis ilmu yang digelar oleh Komunitas Guru Muslimah Inspiratif (KGMI) yang diketuai oleh beliau.

0 Comments

Posting Komentar